Jumat, 08 Mei 2009

my first blog

SpongeBobSquarePants of Kingdom Animalia



Pertama .
Kingdom Animalia itu apa, siiy?.
merupakan suatu klasifikasi hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya tersusun atas banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga bersifat heterotrof. Kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaitu hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata). [taken from wikipedia]

Kedua .
Seperti yang sedang ku pelajari di sekolah, Kingdom Animalia memiliki beberapa filum, baik pada invertebrata maupun vertebrata. Pada invertebrata, dibagi menjadi 8 filum (Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata). Sementara pada vertebrata termasuk dalam filum Chordata yang memiliki 4 sub filum (Hemichordata, Urochordata/Tunicata, Cephalordata, dan vertebrata sendiri).

Ketiga .
Tapi, di postingan ku kali ini, ku nyoba buad mengulas Kingdom Animalia dengan cara yg Lbii "FUN" ...
yaitu ...
mengkolaborasikan
(ciiilah .. bahasanya .. hehhe .. ^^) filum-filum, kelas-kelas, dan jenis-jenis Kingdom Animalia ama tokoh-tokoh kartun yang ada di SPONGEBOB SQUAREPANTS ... Enjoy it ...

***

Di kartun ini, emang lumayan banyak juga contoh dari hewan-hewan invertebrata dan vertebrata. Coba, deh .. ikutin ulasanku berikut ..

  • Wah!! Si SpongeBob kocak ini, termasuk dalam filum Porifera. Hewan Porifera merupakan hewan multiseluler (metazoa) dengan tubuh yang berpori, belum membentuk jaringan, memiliki rangka luar, dan saluran air. Hidupnya secara heterotrof dengan memperoleh makanan di air yang masuk ke dalam tubuhnya lewat pori. Pada umumnya, hewan-hewan porifera hidupnya di laut, dan bereproduksi secara aseksual (pembentukan tunas, gemmule, dan regenerasi) dan seksual (pembentukan gamet). Karena ia merupakan kelas Demospongiae, memiliki rangka yang tersusun dari serabut spongin. Contohnya yaitu Hippospongia, yang biasanya digunakan sebagai spons mandi atau pencuci piring. Wow!! Pantesan ajah, iia? Pas dulu SpongeBob sakit demam sabun, di RS Bikini Bottom ia disembuhkan kembali dengan menggosokkan tubuhnya pada piring, mobil, dan lainnya .. Hahahaha .. =D

  • Kenal, kand sama permainan favorit SpongeBob & Patrick ini? Yup! Menangkap ubur-ubur ... hahhaa .. =D Para ubur-ubur alias jellyfish ini, dalam klasifikasi Kingdom Animalia merupakan filum Coelenterata (Cnidaria) dalam kelas Seyphozoa. Contoh spesiesnya yaitu Chrysaora quinquecirrha. Tubuhnya berbentuk seperti payung mengumbai, dan melindungi diri dengan sengatan listrik yang dimilikinya, juga bisa terjadi gatal-gatal bila menyentuhnya. SpongeBob dan Patrick juga nggak jarang, kan kesetrum & gatel gara-gara si ubur-ubur?. hhagz .
  • Gary Snail, hewan peliharaan kesayangan SpongeBob yang suka bilang "Meow," kaiia anak kucing di dpant rumah kita. hhehe ,, Si Gary, dalam Kingdom Animalia termasuk filum dari Mollusca dan kelas Gastropoda yang berasal dari kata "gaster=perut", dan "podos=kaki", jadi berarti hewan yang menggunakan perut sebagai kaki (alat gerak). Semua teman-teman sejenis Gary mempunyai cangkang yang berbentuk kerucut terpilin, kecuali yang namanya Vaginula, Karena ia merupakan siput telanjang a.k.a tak bercangkang. Contoh spesies yang sama dengan Gary yaitu Achatina fulica.

  • Si Mr. Krab yang saaangaaaat ketat dalam masalah uang. Yup! dalam Kingdom Animalia, Mr. Krab tergolong kelas Crustacea yang termasuk golongan udang dan kepiting dalam filum Arthropoda. Si Mr. Krab ini adalah anggota dari kelompok Malakostraka (Crustacea tingkat tinggi) yang merupakan makroskopik dan memiliki nilai ekonomi bagi manusia (iia, tau, kand? Bagi PecinTa SeaFood .. hhagz .). Kelompok hewan ini memiliki ukuran tubuh yang relatif besar, tubuhnya terdiri atas 14 segmen (8 segmen merupakan torax/dada & 6 segmen merupakan abdomen/perut). Contoh spesiesnya yaitu Portunus sexdentatus.
  • Patrick Star. Sahabat sekaligus tetangga SpongeBob yang lucu, gokil, tapi juga bodoh. hhagz . SpongeBob dan Patrick memang selalu bersama melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk dilakukan sepasang sahabat, salah satunya menangkap jenis dari filum coelenterata tadi, a.k.a ubur-ubur. hehe . Tapii, skrg kita ga lagi ngebahas ubur-ubur, kan udah tadi .. So, kita bakal ngebahas si Patrick-nya ajjah . Nah, Si Patrick ini termasuk dalam filum Echinodermata. Pada filum ini, jenis-jenis spesiesnya hidup di lautan. Dan Patrick merupakan anggota dari kelas Asteroidea (bintang laut). Pada lengannya terdapat duri-duri tumpul & berbentuk catut yang disebut Pediselaria. Contoh spesies yang sejenis dengan Patrick yaitu Linckia sp. atau Asreias sp..
  • Bahasan kita yang terakhir yaitu sii Squidward. Nah, siapa sih yang nggak tau tentang Squidward Johannsen Tentacles?. (hoho. Lengkab amad ,,). Squidward ittu adalah tetangga, partner kerja, sekaligus tokoh yang saaaangat membenci SpongeBob dan Patrick. Tapi sebenarnya Squidward tuh baik, loh .. Cuma dia tuh gengsinya ajjah yang gede . Kaiia sapaa, iaa? hehehehe . Udah, dee . balik ke Kingdom Animalia. Well, meski namanya Squidward (yang dalam Bahasa Inggris berarti cumi-cumi, katanya Kang Wikipedia , hehe.), tapi Si Squidward ini merupakan seekor gurita. Gurita termasuk dalam filum Mollusca dan kelas Cephalopoda. Gurita memiliki 8 lengan dengan alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa. Lengan gurita merupakan struktur hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang atau tulang rangka luar. Tidak seperti hewan Cephalopoda lainnya, sebagian besar gurita dari subordo Incirrata mempunyai tubuh yang terdiri dari otot dan tanpa tulang rangka dalam. Contoh spesiesnya yaitu Octopus.
okeh, dee .. Skiant dulu Postinganku kali inni .. iiaah, mungkin masii banyak kekurangannya .. Jadii, iia mohont maklumi aja, ya .. Makasiih uda baca ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar